Pengalaman Berwirausaha

Assalamu'alaikum wr.wb
 
          Saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya dalam berwirausaha.
            Saya berwirausaha sejak dibangku kelas VI SD. Pada saat itu saya berjualan gorengan yang di buat oleh orang tua saya di SD 118 Palembang selama 1 bulan.
             Saya melanjutkan berwirausaha di bangku kelas 8 di SMP YPI Tunas Bangsa Palembang. Disana saya memproduksi kue sus. Saya belajar membuat kue sus ini dari tetangga sebelah rumah saya. Dari situlah saya memperdalam cara membuat kue sus dan memproduksi. Kemudian berlanjut saya memasarkannya dengan cara berjualan dengan teman teman sekolah. Dari pengalaman saya teman teman yang sudah membeli dan mencicipi kue buatan saya,kesan kesan menurut mereka adalah rasa kue yang enak gurih dan bervariasi. Menjelang ujian semester saya memutuskan untuk berhenti sementara untuk memproduksi kue karena saya harus fokus dengan ujian. Setelah ujian berlalu dan saat liburan berlangsung saya masih tetap berhenti melakukan wirausaha ini tetapi saya melanjutkan lagi pada saat duduk kelas 9

              Dari hasil uang penjualan kue saya memutuskan membeli oven yang menjadi impian saya sebelum saya merintis usaha ini. Oven yang saya beli seharga Rp2.000.000 dan loyang 15 buah yang berukuran lebar 15cm panjang 30cm dan tinggi 4cm seharga 1 loyang Rp.20.000,- .  Saya berjualan kue sus pada kelas 9 dan saat menjelang UNBK saya juga berhenti memproduksi karena ingin fokus ke UNBK.
             Setelah UNBK yaitu saat menjelang bulan Ramadan. Saya lalu memproduksi berbagai kue kering,seperti nastar keju,nastar daun,kue keju,kue skipy, kue emping. Pangsa pasar yang menjadi target saya adalah pasar tradisional dengan cara menitipkannya dengan penjual kue yang ada di pasar.
               Sejak saya menjadi siswa SMK 6 Palembang saya berniat melanjutkan berjulan kue sus dilingkungan sekolah saya naungi. Banyak keuntungan yang saya dapat sekolah ini karena saya lebih meningkatkan keahlian saya untuk prospek mengingat berwirausaha itu sangat luas. Saya bangga menjadi siswa SMKN 6 Palembang karena dari sini lah mengembangkan usaha saya agar lebih maju lagi.
            Demikian pengalaman saya dalam berwirausaha semoga menjadi inspirasi teman teman yang lain untuk memulai usaha walau sekecil apa pun modal yang tersedia tetapi jiwa kewirausahaan harus tetap di tanamkan dari sejak dini
Terimakasih
Wassalamu'alaikum.wr.wb
     
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jualan di bulan April

Cerita kue sus